Selasa, 11 Februari 2014

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

A. PENGERTIAN
PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun  yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan  perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki  kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

B. TUJUAN LANDASAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PAUD bertujuan mengembangkan berbagai potensi  anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan  dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
C. LANDASAN YURIDIS
UUD 1945 pasal 28B ayat 2,“Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh & berkembang serta  berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi“
UU No 23 tahun 2002 pasal 9 ayat 1, tentang Perlindungan Anak , “Setiap anak berhak memperoleh pendidikan & pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya“
UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
Bab 1, Pasal 1, Butir 14 dinyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian ransangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Pasal 28 tentang Pendidikan Anak Usia Dini dinyatakan bahwa:
1. PAUD diselenggarakan sebelum jenjang Pendidikan Dasar
2. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal dan/atau  informal
3. PAUD jalur pendidikan formal: TK, RA atau bentuk lain yang sederajat
4. PAUD jalur pend non formal: KB, TPA, atau bentuk lain yang sederajat
5. PAUD jalur pend informal: pendidikan keluarga atau pendidikan yang  diselenggarakan oleh lingkungan
B. LANDASAN FILOSOFIS
C. LANDASAN KEILMUAN
  • Pendidikan merupakan suatu upaya untuk memanusiakan manusia.
  • Pembentukan manusia Pancasilais menjadi orientasi tujuan pendidikan (manusia Indonesia seutuhnya)
  • Wittrock, perkembangan anak berkaitan dengan  perkembangan struktur otak yang sangat penting untuk  pengembangan kapasitas berpikir manusia
  • Jean Piaget mengemukakan anak belajar melalui interaksi dengan lingkungannya dan guru berperan sebagai fasilitator
  • Lev Vigostsky meyakini pengalaman interaksi sosial sangat penting bagi perkembangan proses berpikir anak
  • Howard Gardner menyatakan tentang kecerdasan jamak dalam perkembangan manusia
  • Hakikat pendidikan dalam konteks pembangunan nasional  mempunyai fungsi pemersatu bangsa, penyamaan  kesempatan, dan pengembangan potensi diri.
  • Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem  Pendidikan Nasional merupakan dasar hukum  penyelenggaraan dan reformasi system pendidikan  nasional, serta memuat visi, misi, fungsi, tujuan dan  strategi pembangunan pendidikan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar